Cari Blog Ini

Sabtu, 19 Januari 2013

KTM Freeride 350 vs KTM 350 XCWF, Mana yang Lebih Enak?




Kehadiran KTM Freeride menimbulkan rasa penasaran kalangan penggemar dirt bike di tanah air. Tim IDB dan CHEELA berulang kali mendapat request untuk me-review KTM Freeride. Beruntung akhirnya IDB berkesempatan melakukan uji coba KTM Freeride, meskipun tidak terlalu lama. Agar lebih enak menilainya, kami coba bandingkan antara KTM Freeride dengan KTM 350 XCFW tahun 2012. Tipe XCFW ini adalah relatif sama dengan tip EXCF yang banyak beredar di Indonesia.

Dimensi

KTM 350 XCFW itu tinggi jok-nya sudah cukup rendah, enak dipakai untuk orang yang tingginya antara 165 hingga 170 cm. Nah KTM Freeride ini terasa lebih rendah dibanding KTM 350 XCFW, tinggi joknya hanya sekitar 89 cm. KTM Freeride sangat nyaman untuk orang Indonesia yang rata-rata tinggi badannya tidak sampai 170 cm.
Soal berat motor, KTM Freeride juga lebih ringan dibandingkan KTM 350 XCFW. Bobot Freeride sekitar 99,5 kg, sementara bobot KTM 350 XCFW itu sekitar 107 kg, jadi selisih sekitar 8 kg. Dari sudut dimensi, jelas KTM Freeride sangat cocok untuk kebanyakan orang Indonesia.

Suspensi

Dalam uji coba yang lumayan panjang untuk KTM 350 XCFW, kami sangat puas dengan performa suspensinya. Suspensi mampu meredam dengan baik untuk jalur hutan, single track ataupun bebatuan. Suspensi KTM 350 XCFW benar-benar istimewa. Sementara KTM Freeride itu suspensi depan (fork) ukurannya lebih kecil dibanding KTM 350 XCFW, diameternya hanya 43 mm, sedangkan KTM 350 XCFW itu 48 mm.

Meskipun ukuran fork KTM Freeride itu lebih kecil, namun performanya mantap sekali, apalagi untuk jalur single track. Dengan suspensi lebih kecil terasa lebih lincah dan ringan. Namun untuk kestabilan ketika dipakai speed offroad, kami masih lebih suka suspensi KTM 350 XCFW. Tetapi untuk jalur yang susah dan single track, suspensi KTM Freeride sangatlah mantap.

Power dan Handling

KTM 350 XCFW dalam promonya disebutkan punya power mesin ala 450cc, namun dengan handling ala motor 250cc. Sebetulnya secara power mesin, KTM 350 tidaklah sama persis dengan KTM 450, masih ganas 450. Namun soal handling, KTM 350 adalah the best! Motornya ringan, smooth dan mudah untuk manufer. KTM 350 XCFW juga motor yang sangat enak ketika dipakai di jalur yang super licin. Power mesin yang smooth membuat KTM 350 XCFW dengan santai melibas jalur yang licin, tanpa ada gejala sliding!

Sementara KTM Freeride meskipun sama-sama mengusung mesin 350cc, namun powernya masih jauh dibawah KTM 350 XCFW. Tenaga kuda (horse power) KTM Freeride hanya 24 hp, sementara KTM 350 XCFW itu mencapai 45 hp. Jelas kalau untuk daerah terbuka dan speed offroad, KTM Freeride akan jauh tertinggal oleh KTM 350 XCFW.

Namun jika dipakai untuk jalur single track dan di tengah hutan yang penuh dengan tantangan, KTM Freeride akan memimpin di depan! KTM Freeride memang dirancang untuk jalur yang susah. Anda akan dibuat tersenyum lebar memakai KTM Freeride di jalur sempit dan penuh rintangan.

Anehnya meskipun tenaga kudanya lebih rendah dibanding KTM 350 XCFW, kami merasa KTM Freeride lebih responsif dibanding KTM 350 XCFW. Dengan karakter mesin seperti ini, KTM Freeride memang sangat nyaman untuk offroad dengan karakter “stop and go”.
Handling KTM Freeride dan KTM 350 XCFW sama-sama enak. Hanya saja KTM Freeride terasa jauh lebih ringan dibandingkan dengan KTM 350 XCFW.

Pilih mana, Freerride atau 350 EXCF/XCFW?

Untuk pemula, KTM Freeride sangat cocok. Motornya ringan, tenaga tidak terlalu besar, handling nyaman dan tidak membuat cepat lelah. Jika jalur offroad anda lebih banyak single track dan penuh tantangan, Freeride adalah pilihan yang cerdas. Namun jika jalur offroad anda lebih bervariasi dan juga banyak daerah terbuka, KTM 350 XCFW/EXCF adalah pilihan yang pas. KTM 350 XCFW juga lebih nyaman dipakai untuk offroad yang jarak jauh.

Kedua motor ini sama-sama istimewa, tergantung anda yang memilihnya. Jika anda ingin motor yang “santai” dan tidak menguras banyak energi, KTM Freeride adalah pilihan yang tepat. Jika anda pengendara yang lebih agresif dan suka speed offroad, KTM 350 XCFW pilihan yang mantap.

Kalau harga jadi pertimbangan, KTM Freeride itu lebih murah dibandingkan KTM 350 XCFW. Di tanah air, KTM Freeride dilego dengan harga sekitar Rp 105 juta, sedangkan KTM 350 XCFW sekitar Rp 120 juta.

4 komentar:

  1. thanks atas infonya bro, kalau ktm freeride 350 vs kx 250 f bagaimaana bro? bisa tolong kasih referensi, bagusan mana buat adventure?

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua tergantung skill pengendaranya bro,
      klo untuk pemula sih, menurut saya lebih enak KTM freeride krn suspensinya lebih smooth, handlingnya mudah dan tenaganya tidak terlalu liar.
      kalau KX 250F itu motor spek balap, jadi tenaganya sangat "liar" bro, apalgi klo di pake di jalur licin pasti kewalahan karena roda belakang sering spin (berputar),kalau buat pemula pake motor ini harus siap air minum yg banyak dan minum suplemen dulu, hehe...
      tapi klo sdh pro pake KX 250F sih enak bgt. bisa jadi penguasa di hutan hehe..

      Hapus
  2. thx bro, dua-duanya cuma bisa kepengen doang, belinya ga ada duit wkwkwkwk, mudah2an bisa kebeli amiiiiiiiiin

    BalasHapus