Seorang teman baru saja mengganti motor trailnya dengan ban baru, maklum ban belakangnya sudah mulai ompong sana sini digerus jalur offroad. Begitu ban baru terpasang, dia kaget sekali, “lho koq motor saya jadi lebih tinggi?” Lagi-lagi harus maklum, teman yang satu ini tingginya relatif standar Indonesia, sementara motornya yang warna orange itu standar Eropa. Jadinya ketika ban belakang diganti yang baru, kog malah kaki jadi jinjit, tidak napak ke tanah. Wah khan jadi repot tuh waktu offroad di jalur yang susah.
Tambah
tingginya motor akibat pergantian ban itu disebabkan oleh ukuran ban
yang kurang pas. Lho bukannya ukuran diameter bannya sama, yaitu 18?
Memang ukuran diametr ban yang diganti itu sama yaitu 18, Cuma ukuran
lebar dan ketinggian bannya berbeda. Ini yang membuat motor jadi sedikit
lebih jangkung.
Ukuran
ban trail yang beredar kebanyakan memakai ukuran mili meter, misalnya
100/90-18 atau 100/110-18. Angka 18 di belakang itu jelas menunjukan
ukuran diameter roda/pelk yang memakai ukuran inci. Nah yang harus
dicermati adalah angka yang di depan, karena ini menunjukan lebar dan
tinggi ban.
Maka
jika ban trail itu ukurannya 100/90 maka artinya lebar ban itu adalah
100 mm dan tingginya 100X(90/100) = 90 mm. Kalau ukuran bannya 100/110
maka lebar bannya 100 mm dan tingginya 100X(110/100) = 110 mm. Nah
otomatis ketika bannya diganti dengan ukuran 100/110 maka ada perbedaan
ketinggian sebesar 20 mm, ini yang membuat motor jadi terasa lebih
jangkung.
Ban
trail yang ukuran lebih lebar lebih enak untuk menapak atau
mencengkeram tanah. Ini sangat baik dipakai di medan yang licin. Namun
kelemahannya karena ukurannya lebih lebar maka menjadi sedikit kurang
lincah dibandingkan dengan ukuran ban yang lebarnya lebih kecil.
Diameter
ban yang lebih besar misalnya ukuran ban depan 21 dan belakang 18 inci
itu akan lebih enak dipakai untuk melibas jalur offroad yang penuh
gundukan atau cerukan tanah dibandingkan ukuran ban 19/16. Ukuran ban
depan 19 dan belakang 16 ini seperti yang dipakai oleh kawasakI KLX 150.
Sehingga tak heran banyak pemakai KLX 150 yang mengganti bannya dengan
ukuran depan 21 dan belakang 18, dengan konsekuensi berat motor menjadi
lebih bertambah. (C001)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar