Cari Blog Ini

Kamis, 24 Januari 2013

Cyril Despres Sang Jawara Dakar 2013



   Cyril Despres semakin mengokohkan dirinya sebagai raja rally Dakar, setelah dia menempatkan dirinya di posisi teratas Dakar 2013. Ini adalah gelar ke-5 yang diraih Despres sejak ikut pertama kalinya di Dakar pada tahun 2002. Despres yang membawa bendera KTM Red bull Rally Factory Team itu harus berjuang ekstra keras untuk menaklukan medan sepanjang 8000 km dari Lima-Peru ke Santiago-Chili.

Tahun ini ada 125 pembalap motor yang bertarung menaklukan medan gurun hingga batu. Cuaca ekstrim, yang berubah cepat dari panas ke dingin menjadi tantangan tersendiri bagi pembalap. Belum lagi soal navigasi yang sering menjadi penentu juga selain skill, fisik dan performa motor. Despres yang mengandalkan kuda besi KTM 450 merasa sangat puas bisa melewati semua tantangan berat itu dan berhasil menyabet gelar jawara Dakar 2013.

Posisi kedua diraih Roben Faria dari Portugal yang jugasatu tim dengan Despres. Jika dilihat posisi sepuluh besar, terlihat KTM masih mendominasi di Dakar. Juara 1 hingga ke 5 semuanya pakai motor KTM. Sedangkan posisi 6 hingga 10 diisi motor Honda, Yamaha dan Husqvarna. Dominasi KTM di Dakar bukanlah yang pertama kali, di tahun-tahun sebelumnya KTM juga selalu berada di barisan teratas.

Klaseman akhir Dakar 2013:

1Cyril Despre (Perancis, KTM)
2. Roben Faria (Portugal, KTM)
3. Frasisco Lopez (Chili, KTM)
4. Ivan Jakes (Slovekia, KTM)
5. Juan Pedrero (Spanyol, KTM)
6. Olive Pain (Perancis, Yamaha)
7. Helder Rodrigues (Portugal, Honda)
8. Javier Pizzolitto, Honda)
9. Frans Verthoven (Belanda, Yamaha)
10. Paulo Goncalves (Portugal, Husqvarna)

KTM dan HUSABERG Mendominasi di Kejuaraan Enduro Dunia EWC 2012


KTM dan Husaberg yang satu pabrik itu menguasai kejuaraan enduro dunia Enduro World Championship (EWC) sepanjang tahun 2012. Di kelas E1 (250 cc), Antoine Meo dengan KTM 250 EXCF seperti tidak terbendung. Pembalap yang sebelumnya sempat gabung di tim Husqvarna ini hampir menyapu bersih setiap seri. Meo benar-benar fenomenal dan isunya tahun depan dia akan naik kelas ke E2. Untuk jawara kelas E2 disabet oleh Pierre-Alexander Renet yang memakai Husaberg FE 450. Di kelas ini Renet bertarung ketat dengan pesaingnya, Cristobal Guerrero yang naik KTM 350 EXCF.

Di kelas yang mengusung cc motor diatas 500 cc alias kelas E3, lagi-lagi KTM dan Husaberg mendominasinya. Sang jawara di E3 tahun 2012 itu adalah Christophe Nambotin yang mengandalkan tunggangannya KTM 300 EXC. Posisi Kedua ditempati Joakim Ljunggren yang naik Husaberg TE 300 dan posisi ketiga Aigar Leok yang naik Tm EN300. Jika melihat daftar 3 besar jawara kelas E3 itu semuanya naik motor 300 dua tak bro! Yang naik motor 4 tak “hanya” berada di posisi kelima yaitu Oriol Mena yang naik Husaberg FE570. Ini membuktikan motor 2 strokes masih dahsyat di kejuaraan enduro kelas dunia!

Dari sudut asal negara rider, Perancis terlihat mendominasi di semua kelas. Meo, pemegang mahkota juara E1 itu asalnya negara Perancis. Juara duanya yaitu Rodrig Thain itu juga orang Perancis. Di kelas E2, jawaranya juga orang Perancis, yaitu Pierre-Alexander Renet yang sering disebut dengan nama pendeknya Pela. Di kelas E3, lagi-lagi orang Peramcis jadi nomor satu dengan menempatkan Christophe Nambotin di posisi teratas.

Daftar Juara kelas E1 (250 cc):
  1. Antoine Meo (KTM 250 EXCF, Perancis)
  2. Rodrig Thain (Honda CRE 250R, Perancis)
  3. Thomas Oldrati (Husaberg 250, Itali)

Daftar Juara kelas E2 (450 cc):
  1. Pierre-Alexander Renet (Husaberg FE 450, Perancis)
  2. Crsitobal Guerrero (KTM 350 EXCF, Spanyol)
  3. Juha Salminen (Husqvarna TE 449, Finlandia)

Juara kelas E3 (500 cc):
  1. Chirstophe Nambotin (KTM 300 EXC, Perancis)
  2. Joakim Ljunggren (Husaberg TE 300, Swedia)
  3. Aigar Leok (TM EN300)

HUSABERG Resmi Buka Dealer di Indonesia


      Dunia dirt bike di tanah air akan semakin ramai dengan kehadiran motor trail kelas premium Husaberg yang bercirikan warna biru kuning. Husaberg yang satu pabrikan dengan KTM itu akhirnya secara resmi akan buka dealer di Indonesia. Ini akan menggembirakan karena konsumen bisa membeli motor trail berkualitas dengan jaminan garansi dan spare parts. Ini dua hal yang biasanya sering tidak diberikan oleh importir umum.

Kepastian Husaberg buka dealer di Indonesia itu disampakan Rudy Poa, distributor Husaberg untuk Indonesia beberapa waktu lalu ke IDB. Rudy yang bermarkas di Jalan Bungur Besar 158 Jakarta itu menyampaikan nanti Husaberg akan memasukan semua variannya, mulai dari TE 125, TE 250, TE 300, FE 350, FE 450 hingga yang 500 cc. Kemungkinan untuk dealer akan buka di Jakarta, Jawa Timur dan Kalimantan selatan. 

Untuk Husaberg generasi terbaru memang banyak sekali kemiripannya dengan KTM, maklum memang satu induk. Jadi penggemar KTM yang ingin merasakan sensasi baru dengan warna selain orange, Husaberg adalah jawabannya. Untuk bro dan sist yang tertarik dengan Husaberg, langsung aja kontak di nomor telpon (021) 4202447.

Daftar Harga Trail KTM dan HUSABERG 2013 di Indonesia


      Memasuki tahun 2013 sudah mulai muncul beberapa penawaran di facebook tentang harga motor trail merek KTM dan Husaberg. Salah satu yang berani posting dengan transparan tentang daftar harga dua motor kelas dunia itu adalah Ericson. Ini patut dihargai, karena sudah waktunya penjual motor trail tidak "sembunyi-sembunyi" soal harga, langsung transparan sehingga konsumen bisa mengukur isi kantongnya. Sudah tidak zamannya lagi kirim info harga lewat PM (private message). 


Ini dia daftar harga motor trail KTM dan Husaberg versi tahun 2013 yang ditawarkan oleh Erickson dari Jakarta.

KTM:

350 SXF CARIOLI EDITION : 140 juta


FREE RIDE 350 : 108 juta

REGULAR EDITION:


250 CC : 116 juta
350 CC : 121 juta

KTM SIX DAYS EDITION 350 CC 4T : 130 juta

HUSABERG:

FE 250 : 125 juta
FE 350 : 130 juta
FE 501 : 140 juta

Sabtu, 19 Januari 2013

Graham Jarvis, Dinobatkan Jadi Raja Enduro Ekstrim 2012



Graham Jarvis dengan tunggangannya Husaberg TE 300 merajai berbagai kejuaraan enduro ekstrim kelas dunia di tahun 2012. Dominasi Graham dengan motor 2 taknya itu membuat dia dinobatkan sebagai Kings of Extreme Enduro oleh KoEE yang punya situs http://www.kingsofextremeenduro.com. KoEE menyusun daftar rangking pembalap enduro berdasarkan pencapaian pembalap tersebut di 7 balapan enduro paling ekstrim di planet bumi ini.

Ketujuh balapan enduro ekstrim yang dinilai itu adalah:
1. Tough One (UK), Jan. 15
2. Hell’s Gate (Italia), Feb. 18
3. Erzbergrodeo (Austria), Jun. 7-10
4. Red Bull Romaniacs (Romania), Jun. 12-17
5. Red Bull Sea to Sky (Turki), ?
6. Extreme Lagares (Portugal), Oct. 7
7. Roof of Africa (LSO)

Penilaian dilakukan dengan cara sederhana yaitu di setiap event itu pembalap yang masuk finish posisi pertama akan diganjar nilai 20 poin, posisi kedua 17 poin, ketiga 15 poin, keempat 13 poin, kelima 11 poin, dan seterusnya. Jumlah poin akan ditotal, sehingga akan muncul mana poin yang tertinggi. Peraih poin tertinggi berhak menyandang gelar Kings of Extreme Enduro dan mendapatkan hadiah uang tunai yang berasal dari donatur.

Dengan absennya Taddy Blazusiak di kejuaraan enduro ekstrim tahun ini, Graham Jarvis tidak terbendung lagi untuk mendapatkan mahkota raja enduro ekstrim. Saat ini Taddy Blazusiak lebih kosentrasi di kejuaraan Endurocross dengan hasil yang gemilang juga.

Daftar lima besar pembalap yang masuk dalam daftar Kings of Extreme Enduro 2012 adalah:
1. Graham Jarvis (Husaberg, UK)
2. Jonny Walker (KTM, UK)
3. Ben Hemingway (KTM, UK)
4. Xavi Galindo (Husaberg, Spanyol)
5. Dougie Lampkin (GasGas, UK)

Menyimak daftar pembalap yang masuk deretan papan atas Kings of Extreme Enduro terlihat bahwa kebanyakan pembalap masih memakai motor mesin 2 tak. Ini sekali lagi membuktikan bahwa motor enduro 2 tak masih menjadi raja di kejuaraan ekstrim enduro! Selamat! (IDB)

Apa Beda KTM Tipe EXC,XC,XCW dan SX?



Populasi motor trail dari pabrikan KTM yang bercirikan warna orange itu semakin banyak di Indonesia, apalagi dealer resmi KTM mulai bermunculan di beberapa kota. Ini sangat positif untuk konsumen, apalagi KTM yang asal Austria itu dikenal sebagai produsen motor offroad kelas premium. Dengan slogannya “ready to Race” membuat KTM berada di barisan terdepan di berbagai kejuaraan enduro kelas dunia. Soal kualitas, motor keluaran KTM tidak perlu diragukan lagi, super mantap bro!

Motor KTM menjadi idaman banyak penggila offroad motor trail. Namun ketika niat (dan duit) untuk membeli sudah ada, giliran bingung menentukan pilihan mau beli KTM yang tipe apa, soalnya ternyata tipe motor trail KTM itu banyak sekali. Ada tipe EXC, XC, XCW, SX dan juga edisi six days. Bedanya apa ya? Soalnya banyak yang masih awam, bila salah pilih dalam membelinya, maka jadi berabe urusannya ketika dipakai di medan offroad. Makanya terus simak tulisan sederhana ini untuk membantu bro dan sister memahami beragam jenis tipe KTM untuk varian offroad-nya.


Yang pertama perlu diketahui, kalau tipe motor KTM itu ada huruf “F” itu berarti motor 4 tak, huruf F artinya adalah four strokes. Sekarang kita mulai dari tipe SX yaitu tipe untuk kompetisi di sirkuit motocross. Tipe SX dirancang untuk di sirkuit, tidak untuk main offroad enduro. Dipakai enduro juga bisa sih, Cuma hanya untuk yang skill-nya mumpuni karena karakter mesin dan suspensinya dirancang untuk speed offroad di jalur terbatas. Jadi untuk pemula atau penghobby itu tidak disarankan memakai tipe SX untuk offroad.

Ciri umum KTM tipe SX:
• Suspensi lebih keras
• Close ratio gearbox atau rasio girbok-nya itu rapat atau pendek-pendek karena untuk di sirkuit dan mengejar akselerasi bawah
• Tidak dilengkapi dengan lampu
• Tidak ada jagrak alias standar samping
• Ban belakang ukuran 19 dan depan 21
• Tengki bensin ukurannya lebih kecil
• Electirc starter

KTM tipe SX yang kini beredar itu tipe 85 SX, 125 SX, 250 SXF, 350 SXF, 450 SXF, 125 SX dan 250 SX, Ingat kalau ada huruf “F” nya itu berarti motor 4 tak, kalau tidak ada berarti motor 2 tak. Untuk tipe cros yang ada di Indonesia kebanyakan yang 250 SXF.

Untuk tipe enduro yang banyak beredar di tanah air itu tipe EXC. Tipe EXC ini murni tipe enduro, jadi nyaman dipakai untuk offroad atau juga on road. Tipe EXC ini kalau di USA setara dengan tipe XCW, Bedanya kalau tipe XCW itu tidak dilengkapi dengan kaca spion dan lampu sein. Mesin, rangka suspensi, dan transmisi itu antara tipe EXC dan XCW boleh dibilang sama persis. Paling beda di setting pengapian dan injektor-nya.

Karena dilengkapi dengan lampu, kaca spion dan lampu sein, maka KTM tipe EXC itu bisa dipakai di jalanan raya, tentu saja jika ada suratnya. Intinya tipe EXC itu dirancang untuk legal road.

Ciri umum KTM tipe EXC:
• Suspensi lembut, cocok untuk offroad dan adventure
• Wide ratio gearbox atau rasio girbok-nya itu lebar/luas, cocok untuk offroad
• Dilengkapi dengan lampu
• Ada jagrak alias standar samping
• Ban belakang ukuran 18 dan depan 21
• Tengki bensin ukurannya lebih besar dibanding tipe cross
• Electirc dan kick starter

KTM tipe EXC dan XCW itu antara lain 200 EXC, 250 EXC, 250 EXCF, 300 EXC, 350 EXCF,dan 450 EXCF. Kalau di USA itu tipenya 200 XCW, 250 XCW, 250 XCWF, 300 XCW, 350 XCWF dan 450 XCWF. Ingat kalau ada huruf F berarti itu motor yang mengusung mesin 4 tak.

Apa itu tipe XC?

Tipe XC yang beredar di US itu bisa dibilang penggabungan antara tipe cross (SX) dan tipe enduo (EXC). Tipe XC dirancang untuk kejuaraan cross country yang popular di USA. Kejuaraan cross country ini menggabungkan jalur offroad/enduro dan cross, dituntut untuk speed offroad terus. Beberapa bilang bahwa tipe XC ini adalah tipe kompetisinya enduro.

Tipe XC memakai suspensi depan tipe close cartridge yang dirancang untuk speed offroad, semakin kencang bawa motornya maka akan semakin terasa enak suspensinya. Kalau bawa motornya lambat, cenderung tidak bisa merasakan “nikmatnya” suspensi tipe close yang ditancapkan di XC. Transmisi girboxnya adalah semi close ratio, jadi berada di tengah-tengah antara tipe cross dan enduro.

Ciri umum tipe XC:
• Suspensi lebih keras dibandingkan tipe EXC, tetapi lebih lembut dibanding tipe SX, jadi berada di tengah-tengah. Suspensi depan (fork) pakai tipe close cartridge yang dirancang untuk kompetisi enduro.
Semi close ratio gearbox
• Dari pabrikan, tidak dilengkapi dengan lampu, namun bisa dipasangi lampu
• Ada jagrak alias standar samping
• Ban belakang ukuran 18 dan depan 21
• Tengki bensin lebih besar dibanding tipe SX
• Electric dan kick starter

KTM tipe XC antara lain 105 XC, 150 XC, 250 XC, 250 XCF, 300 XC, 350 XCF dan 450 XCF.


Selain tipe EXC, XC dan SX, ada varian lain yaitu KTM six days. Secara umum varian Six Days itu sama persis dengan tipe EXC, hanya saja ada beberapa penambahan misalnya dilengkapi dengan pelindung knalpot (untuk yang 2tak), pelindung mesin, dan di beberapa tipe itu knalpotnya versi racing. Yang jelas pembeda utama tipe Six Days itu biasanya bajunya (plastik covernya) itu berwarna putih dengan logo atau tulisan Six Days. Six Days sendiri itu adalah nama dari kejuaraan enduro selama 6 hari yang diselenggarakan di Eropa.

Mau pilih KTM tipe apa?

Semua produk KTM itu bagus, sudah teruji di berbagai kejuaraan enduro dan motocross dunia. Tinggal kini disesuaikan dengan peruntukan dan skill anda. Jika untuk motocross atau supercross, jelas pilihannya akan jatuh ke tipe SX. Kalau untuk offroad/enduro atau main ke hutan, maka pilihannya adalah tipe EXC, XCW atau varian Six Days. Tipe-tipe ini sudah dilengkapi dengan lampu dan transmisi yang pas untuk offroad.

Kalau anda cari motor enduro yang juga bisa dipakai untuk latihan ringan di sirkuit motocross, maka pilihan yang pas adalah tipe XC. Tipe XC juga cocok untuk gaya riding anda yang agresif, kalau gayanya melow sih mending tidak pakai tipe XC. Suspensi tipe XC yang lebih keras dibanding tipe EXC akan membuat anda lebih cepat capek kalau fisiknya tidak kuat dan membawa motornya lambat. Tipe XC dirancang untuk speed offroad dan pengendara agresif!

Udah jelas bro dan Sist? Kalau udah jelas, selamat memilih motor KTM idaman anda!

PERHATIAN!
Uji coba setiap produk yang dilakukan oleh tim IDB sama sekali tidak ada hubungan dengan promosi atau marketing produk tertentu. Semuanya murni dilakukan dari sudut pandang konsumen/pengguna secara obyektif. (Indonesian Dirt Bike/IDB)

HONDA Luncurkan CRF 450 Versi Rally Dakar 2013



Honda meluncurkan model trail terbaru yang khusus dirancang untuk reli terganas di dunia, Reli Dakar. Motor yang berbasis CRF 450X enduro itu dirancang dengan ketahanan dan konsumsi bahan bakar yang lebih irit. Maklum jarak tempuh reli Dakar itu ribuan kilometer, jadi perlu motor yang irit namun bertenaga untuk melibas medan gurun pasir. Motor berbasis mesin injeksi ini diklaim bertenaga, stabil, namun konsumsi bahan bakarnya irit.

Motor ini akan berlaga di Rali Dakar tahun 2013 dengan sejumlah pembalap papan atas, antara lain Johnny Campbell (USA), juara 11 kali US Baja 1000, dan juga Helder Rodrigues (Portugal), Felipe Zanol (Brazil), Sam Sunderland (United Kingdom) dan Javier Pizzolito (Argentina). Sebelum berlaga di reli Dakar, CRF 450 ini akan diuji coba di reli Maroko yang akan digelar tanggal 14 Oktober 2012.

Kehadiran Honda CRF 450 versi Dakar ini akan menjadi penantang tangguh buat barisan KTM yang selama ini dikenal menjadi penguasa di Reli Dakar. Kita lihat saja hasilnya nanti!

KTM Freeride 350 vs KTM 350 XCWF, Mana yang Lebih Enak?




Kehadiran KTM Freeride menimbulkan rasa penasaran kalangan penggemar dirt bike di tanah air. Tim IDB dan CHEELA berulang kali mendapat request untuk me-review KTM Freeride. Beruntung akhirnya IDB berkesempatan melakukan uji coba KTM Freeride, meskipun tidak terlalu lama. Agar lebih enak menilainya, kami coba bandingkan antara KTM Freeride dengan KTM 350 XCFW tahun 2012. Tipe XCFW ini adalah relatif sama dengan tip EXCF yang banyak beredar di Indonesia.

Dimensi

KTM 350 XCFW itu tinggi jok-nya sudah cukup rendah, enak dipakai untuk orang yang tingginya antara 165 hingga 170 cm. Nah KTM Freeride ini terasa lebih rendah dibanding KTM 350 XCFW, tinggi joknya hanya sekitar 89 cm. KTM Freeride sangat nyaman untuk orang Indonesia yang rata-rata tinggi badannya tidak sampai 170 cm.
Soal berat motor, KTM Freeride juga lebih ringan dibandingkan KTM 350 XCFW. Bobot Freeride sekitar 99,5 kg, sementara bobot KTM 350 XCFW itu sekitar 107 kg, jadi selisih sekitar 8 kg. Dari sudut dimensi, jelas KTM Freeride sangat cocok untuk kebanyakan orang Indonesia.

Suspensi

Dalam uji coba yang lumayan panjang untuk KTM 350 XCFW, kami sangat puas dengan performa suspensinya. Suspensi mampu meredam dengan baik untuk jalur hutan, single track ataupun bebatuan. Suspensi KTM 350 XCFW benar-benar istimewa. Sementara KTM Freeride itu suspensi depan (fork) ukurannya lebih kecil dibanding KTM 350 XCFW, diameternya hanya 43 mm, sedangkan KTM 350 XCFW itu 48 mm.

Meskipun ukuran fork KTM Freeride itu lebih kecil, namun performanya mantap sekali, apalagi untuk jalur single track. Dengan suspensi lebih kecil terasa lebih lincah dan ringan. Namun untuk kestabilan ketika dipakai speed offroad, kami masih lebih suka suspensi KTM 350 XCFW. Tetapi untuk jalur yang susah dan single track, suspensi KTM Freeride sangatlah mantap.

Power dan Handling

KTM 350 XCFW dalam promonya disebutkan punya power mesin ala 450cc, namun dengan handling ala motor 250cc. Sebetulnya secara power mesin, KTM 350 tidaklah sama persis dengan KTM 450, masih ganas 450. Namun soal handling, KTM 350 adalah the best! Motornya ringan, smooth dan mudah untuk manufer. KTM 350 XCFW juga motor yang sangat enak ketika dipakai di jalur yang super licin. Power mesin yang smooth membuat KTM 350 XCFW dengan santai melibas jalur yang licin, tanpa ada gejala sliding!

Sementara KTM Freeride meskipun sama-sama mengusung mesin 350cc, namun powernya masih jauh dibawah KTM 350 XCFW. Tenaga kuda (horse power) KTM Freeride hanya 24 hp, sementara KTM 350 XCFW itu mencapai 45 hp. Jelas kalau untuk daerah terbuka dan speed offroad, KTM Freeride akan jauh tertinggal oleh KTM 350 XCFW.

Namun jika dipakai untuk jalur single track dan di tengah hutan yang penuh dengan tantangan, KTM Freeride akan memimpin di depan! KTM Freeride memang dirancang untuk jalur yang susah. Anda akan dibuat tersenyum lebar memakai KTM Freeride di jalur sempit dan penuh rintangan.

Anehnya meskipun tenaga kudanya lebih rendah dibanding KTM 350 XCFW, kami merasa KTM Freeride lebih responsif dibanding KTM 350 XCFW. Dengan karakter mesin seperti ini, KTM Freeride memang sangat nyaman untuk offroad dengan karakter “stop and go”.
Handling KTM Freeride dan KTM 350 XCFW sama-sama enak. Hanya saja KTM Freeride terasa jauh lebih ringan dibandingkan dengan KTM 350 XCFW.

Pilih mana, Freerride atau 350 EXCF/XCFW?

Untuk pemula, KTM Freeride sangat cocok. Motornya ringan, tenaga tidak terlalu besar, handling nyaman dan tidak membuat cepat lelah. Jika jalur offroad anda lebih banyak single track dan penuh tantangan, Freeride adalah pilihan yang cerdas. Namun jika jalur offroad anda lebih bervariasi dan juga banyak daerah terbuka, KTM 350 XCFW/EXCF adalah pilihan yang pas. KTM 350 XCFW juga lebih nyaman dipakai untuk offroad yang jarak jauh.

Kedua motor ini sama-sama istimewa, tergantung anda yang memilihnya. Jika anda ingin motor yang “santai” dan tidak menguras banyak energi, KTM Freeride adalah pilihan yang tepat. Jika anda pengendara yang lebih agresif dan suka speed offroad, KTM 350 XCFW pilihan yang mantap.

Kalau harga jadi pertimbangan, KTM Freeride itu lebih murah dibandingkan KTM 350 XCFW. Di tanah air, KTM Freeride dilego dengan harga sekitar Rp 105 juta, sedangkan KTM 350 XCFW sekitar Rp 120 juta.

GAS GAS Akhirnya Buka Dealer di Indonesia



Semakin banyak saja pabrikan motor trail kelas dunia buka deler di Indonesia. Setelah Husqvarna dan KTM, kini giliran Gas Gas asal Spanyol masuk tanah air. Hal ini sangat menggembirakan, karena konsumen lebih punya banyak pilihan untuk membeli motor trail yang berkualitas. Harganya juga akan jadi bersaing, tidak lagi mematok harga setinggi langit seperti sebelumnya. Ujung-ujungnya konsumen yang senang, produsun juga tersenyum lebar karena dagangannya laris manis.

Gas Gas bukan merk baru, tapi pabrikan ini sudah jualan motor sejak tahun 1985. Tipe paling terkenal dari pabrikan asal Spanyol ini adalah tipe trial. Padahal Gas Gas juga memproduksi motor tipe enduro seperti tipe EC 250F atau EC 300 (2 tak). Gas Gas juga aktif ikut berbagai kejuaraan enduro dunia. Salah satu pembalapnya yang terkenal adalah Ivan Cervantes.

Selamat atas masuknya Gas Gas di indonesia! Yang lebih terpenting adalah kepuasan konsumen harus diutamakan, jangan sampai beli motor tapi kemudian kesulitan mendapatkan spare part-nya! Seorang teman mengeluh karena pernah beli motor trail Eropa di deler resmi, namun ketika mencari spare part fast moving, malah tidak ada. Parahnya deler tidak menanggapi dengan baik keluhan teman ini, terkesan dicuekin.

Semoga nantinya Gas Gas Indonesia juga menyediakan spare part, layanan servis dan juga layanan purna jual. Kalau layanan ini bisa diberikan, kami yakin Gas Gas akan diterima dan berkembang di Indonesia! Ingat, peribahasa lama: konsumen adalah raja! Selamat untuk Gas Gas!

Info lebih lanjut silahkan lihat website Gas Gas Indonesia: http://www.gasgasindonesia.com/

HUSABERG 2013, Ganti Mesin dan Luncurkan Versi 250 dan 350



Pabrikan Husaberg sudah mempublikasikan motor trail versi 2013, yang mengejutkan adalah mesin motor 4 tak sudah berganti total. Jika sebelumnya motor 4 tak Husaberg itu mengusung mesin 70 derajat, kini mesinnya mirip dengan KTM. Ini tidak mengherankan karena kini Husaberg juga dimilik oleh KTM yang bermarkas di Austria. Alasan efesien, membuat motor husaberg 4 tak tidak lagi memakai mesin lama, tetapi mesin yang mirip KTM.

Untuk versi 2013 juga ada 3 model baru di barisan motor 4 tak, yaitu FE 250, FE 350 dan FE 501. Untuk FE 250 itu setara dengan KTM 250 XCFW, bahkan disebut-sebut mesinnya identik. Sedangkan untuk FE 350 itu juga sama dengan KTM 350 XCFW. Munculnya tipe FE 250 dan FE 350 ini mengembirakan, karena konsumen lebih punya banyak pilihan dan membuat persaingan semakin ketat.

Husaberg masih mempertahankan motor 2 tak, dengan diluncurkannya tipe TE 250 dan TE 300. Kedua motor ini dilengkapi dengan electric starter. Kalau dibandingkan dengan pasukan orange, kedua motor ini identik dengan tipe KTM 250 XCW dan KTM 300 XCW. Husaberg TE 300 sudah terbukti motor yang mumpuni untuk dipakai di berbagai kejuaraan enduro ekstrim, dan Graham Jarvis telah membuktikannya! (sumber: Dirtbike Magazine).

KTM Center Indonesia Diluncurkan



KTM, pabrikan motor asal Austria yang bercirikan khas warna orange itu akhirnya resmi menunjuk PT Moto KTM Indonesia (MKTMI) sebagai agen pemegang merek (APM) di Tanah Air. Ini sangat menggembirakan bagi penggemar motor, khususnya motor trail karena KTM dikenal sebagai motor trail papan atas yang sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Adanya APM KTM ini juga membuat persaingan bisnis motor trail kelas premium di tanah air akan semakin sengit, karena sebelumnya Husqvarna juga sudah duluan membuka delaer di Indonesia. Paling tidak, konsumen akan lebih banyak pilihan dengan harga yang kompetitif.

Seriusnya KTM menggarap pasar Indonesia ini ditunjukan dengan dibukanya KTM Center Indonesia pada tanggal 28 Juli 2012 di Tanggerang. Meskipun jualan KTM Center Indonesia akan difokuskan ke tipe sport Duke 200, namun mereka juga akan memasukan motor tipe enduro dan motocross. Maklum justru nama KTM itu lebih moncer namanya sebagai produsen motor trail enduro kelas atas.

KTM Center Indonesia
Taman Tekno BSD Blok L1 No. 12
Tangerang Selatan
Telepon: 021-75876451


Berikut di bawah berita di tentang KTM Center Indonesia yang dimuat di Kompas Otomotif:

KTM Tunjuk APM di Indonesia

Tangerang, Kompas Otomotif - Prinsipal sepeda motor KTM di Austria secara resmi menunjuk PT Moto KTM Indonesia (MKTMI) sebagai agen pemegang merek (APM) di Tanah Air. "Saya sengaja tidak mau berkoar-koar sebelum memegang lisensi resmi dari sana (Austria) kendati banyak pihak mengaku dan mendaulat dirinya sebagai APM," ujar John Winata, Direktur Pemasaran PT MKTMI, saat acara ramah tamah dengan media dan komunitas di KTM Center BSD, Tangerang Selatan, kemarin (28/7).

Soft launching KTM Center pertama di Taman Tekno BSD, Tangerang Selatan, ini merupakan salah satu realisasi dari berdirinya MKTMI. "Hingga akhir tahun ini kami akan menambah 5 gerai dengan konsep serupa di Jabodetabek," tutur John. Konsepnya, selain menyediakan layanan 3S (Sales, Service dan Spare Part), pihaknya melengkapinya dengan kafe khusus komunitas dan juga komponen aksesoris. Pemilik KTM yang dibeli dari IU (importir umum) juga dilayani.

Duke 200
Kendati masih bersifat pre-launching, pihaknya sudah mulai menjual semua jajaran produk KTM seperti Duke 200 menjadi model favorit yang dibanderol Rp 57,5 juta on the road Jakarta. "Untuk Duke kita sudah siap unitnya dan pelanggan tak perlu menunggu lama," ungkap John.

Duke 200 yang dijual merupakan CBU dari India. Untuk garansi, MKTMI memberikan jaminan selama setahun atau 12.000 km dan itu berlaku untuk semua produk. "Secara total kami menargetkan bisa menjual 1.000 - 2.000 unit pertahun, tentunya kontribusi terbesar datang dari Duke 200 yang memiliki harga lebih menarik dibanding penawaran IU (di atas Rp 60 juta)," tutupnya.

(sumber: http://otomotif.kompas.com/read/2012/07/29/3358/KTM.Tunjuk.APM.di.Indonesia)

Knalpot Trail yang Ramah Lingkungan



Menarik ketika menyimak iklan produsen knalpot ternama dari USA, FMF, di berbagai majalah dirt bike. Di iklan tersebut ditampilkan gambar burung hantu yang memakai penutup telinga dan ada tulisan huruf kapital berbunyi “WE HEAR IT TOO”. Artinya burung hantu (yang tinggal di hutan) itu juga mendengar suara knalpot motor yang masuk ke hutan. Makna dari iklan itu adalah sudah sepatutnya suara knalpot yang keluar dari motor itu ditekan seminim mungkin, sehingga tidak mengganggu penghuni hutan (baca: binatang liar), yang dalam arti luas tentunya juga tidak mengganggu orang lain.

Produsen knalpot trail kelas dunia semacam FMF atau Pro Circuit itu kini semuanya berlomba-lomba mengeluarkan produk yang suaranya tidak terlalu keras, namun tenaganya meningkat dahsyat. Suara knalpot yang menggelegar itu sudah tidak zamannya lagi, sudah kuno. Di negara maju seperti USA itu ada aturan batas maksimum kekerasan suara yang dikeluarkan oleh knalpot. Di beberapa negara bagian dibatasi maksium 92 db.

Aturan ini yang kemudian mendorong produsen knalpot mau tidak mau harus mengeluarkan produk yang suaranya lebih ramah, tanpa mengurangi performa tenaga yang dihasilkan.
Selain alasan aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah di Amrik sana, sehingga produsen knalpot mengeluarkan produk yang lebih ramah lingkungan, juga karena munculnya protes dari sebagian masyarakat yang merasa terganggu dengan pekaknya suara knalpt yang dikeluarkan motor.

Di Indonesia, aturan tentang suara knalpot ini sebetulnya juga sudah diatur dalam UU No 22 tahun 1999 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan juga di Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup no 7 tahun 1999 tentang Ambang Batas Kebisingan Kendaraan Bermotor. Dalam peraturan itu disebutkan bahwa untuk motor tipe 80cc ke bawah itu maksimum kebisingan 85 db(db) dan untuk motor diatas 80cc adalah 90db. Sanksi bagi pengguna knalpot bising adalah pidana penjara maksimum 1 bulan atau denda maksimum Rp 250 ribu.

Permasalahannya di Indonesia adalah di lapangan itu polisi tidak dilengkapi dengan alat ukur untuk menilai kebisingan knalpot. Akhirnya hanya berdasarkan ‘perasaan’ sang polisi saja. Kalau bukan knalpot standar bawaan pabrik, maka bisa saja ditilang, padahal bisa jadi batas ambang kebisingan knalpot racing itu sama dengan bawaan pabrik/standar. Ini yang rawan terjadi korupsi dan kong kalikong antara polisi dan pengguna motor.

Fenomena yang terjadi di motor trail (Indonesia) itu masih ada yang berpikiran ‘kuno’. Suara knalpot yang menggelagar bagai halilintar dianggap keren dan gaya. Parahnya lagi ada pemikiran bahwa kalau mau meningkatkan tenaga motor itu wajib suara knalpotnya dibedah sehingga terdengar keras. Memang sih suaranya jadi keras, namun tenaganya belum tentu bertambah. Seringkali suara motor terdengar meraung-raung, bahkan dari kejauhan sudah terdengar, namun ternyata ketika motornya muncul, jalannya motor terseok-seok kayak siput hehehe. Khan kalau begitu jadi malu, motor hanya keras di suaranya saja, namun tenaganya loyo.

Pabrikan motor trail ternama misalnya seperti KTM, Honda atau Husbaerg itu untuk motor rail enduro knalpotnya dilengkapi dengan spark arrestor yang berfungsi untuk meredam kebisingan knalpot. Kalau suaranya bising melebihi batas yang ditentukan, motor tersebut tidak boleh dijual ke konsumen. Untuk knapot motor yang digunakan di sirkuit motocross, memang suaranya sedikit lebih keras karena beberapa tidak dilengkapi dengan spark arrestor, namun di beberapa negara bagian motor seperti ini akan dilarang bertanding! Solusinya adalah knalpt harus diganti dengan yang lebih ramah lingkungan, dan ini dijawab oleh FMF dengan mengeluarkan produk power bom yang diklaim bisa mengurangi kebisingan namun tenaganya lebih meningkat.

Memakai motor trail dengan knalpot yang bising sebetulnya bukan hanya mengganggu ‘tetangga’ dan penghuni hutan, namun kurang nyaman juga bagi pengendaranya. Jika offroad yang panjang, dari pagi hingga sore, dengan suara knalpot yang bising itu terasa kurang nyaman di telinga. Teliga terasa pekak, sehingga berulang kali harus menelan air ludah untuk menghilangkan pekak di telinga. Teman yang ada di belakang kita juga kasihan khan, karena ‘ditampar’ berulang kali dengan suara knalpot yang bising.

Saatnya kita bertindak lebih maju dengan meninggalkan knalpot motor trail yang bising. Knalpot bising itu sudah jadul, yang modern adalah suara knalpot rendah namun tenaga motor meningkat dahsyat, ini baru keren!

Honda CRF 2013, Banyak Perubahan yang Semakin Mantap



Setelah bertahun-tahun tidak mengalami perubahan yang signifikan, kini pabrikan Honda meluncurkan motor tipe cross veris 2013 dengan banyak perubahan, terutama CRF 450R. Perubahan besar-besaran ini tidak terlepas dari masukan multi juara supercross Jeremy McGrath.

Untuk CRF 450R kini memakai rangka alloy generasi keenam yang membuat motor lebih ringan, kuat dan stabil. Motor kini juga dilengkapi dengan buangan asap dua knalpot, mirip CRF 250R tahun 2007. Ya knalpot ganda kini muncul lagi di CRF 450R!

Suspensi depan CRF 450R juga berganti total, kini mengusung KYB Pneumatic Spring Fork (PSF) yang diklaim lebih ringan, kuat dan lebih enak handling-nya. Sektor mesin juga alami banyak perubahan untuk mengejar tenaga bawah dan menengah yang lebih dahsyat. Plastik cover penutup body juga berganti, kini terlihat lebih dinamis dan agresif.

Untuk CRF 250R mengalami perbaikan di seklor mesin dan kalibrasi injeksi. Versi 2013 kini lebih responsif di tenaga bawah dan menengah. Setting ini akan sangat berguna ketika berlaga di sirkuit supercross yang pendek-pendek.

Untuk ban, baik versi 250 atau 450 itu memakai Dunlop Geomax MX51FA yang meningkatkan traksi di tanah. Ban ini juga diklaim mempunyai bobot yang lebih ringan. (sumber: Australasian Dirt Bike edisi Agustus 2012)

10 Langkah Menyiapkan Motor Sebelum Offroad




Olahraga offroad dengan motor trail semakin banyak diminati oleh berbagai kalangan. Setiap akhir pekan ada banyak orang yang menghabiskan waktunya dengan “berusah payah” melewati jalur offroad. Nah, supaya offroad menjadi menyenangkan, tentunya kesiapan motor menjadi syarat mutlak. Motor itu juga manusia, eittt salah, yang benar motor itu juga mesin! Artinya perlu ada pengecekan berkala agar motor kesayangan kita benar-benar ‘ready to offroad’, jangan sampai offroad yang mestinya menyenangkan itu jadi menjengkelkan karena digoda oleh motor yang ngambek.

Sebelum offroad , setidaknya ada 10 langkah yang perlu anda cek tentang kesiapan motor , antara lain:

1. Cek bensin. Pastikan tengki bahan bakar tersisi penuh, ini untuk memastikan anda tidak kehabisan bensin di hutan. Seringkali karena isi bensin masih setengah, kita selalu berpikiran, “ah cukup, toh masih separuh”. Padahal di jalur offroad kita sering lupa waktu, main gas terus, tahu-hahu bensin habis!

2. Cek air radiator. Untuk motor yang memakai pendingin air, pastikan radiator terisi penuh airnya.

3. Cek tekanan angin ban. Tekanan ban yang terlalu keras atau kempes akan membuat tidak nyaman waktu dipakai offroad, juag bisa menyebabkan ban dalam jadi bocor. Cek buku manualnya, berapa tekanan ban yang direkomendasikan oleh pabrikan. Untuk motor enduro luar, biasanya tekanan anginnya adalah 14 – 15 psi.

4. Cek rantai. Pastikan rantai motor tidak terlalu kendor dan juga tidak terlalu kencang. Setelah itu lumasi rantai dengan pelumas khusus untuk rantai, jangan pakai oli mesin yang bekas karena akan membuat kotor dan tidak sedap dipandang mata.

5. Lepaskan tekanan udara di fork. Untuk motor yang sudah memakai fork (suspensi depan) upside down, pastikan tekanan udaranya dikeluarkan dengan cara membukanya dengan obeng. Posisi lubang untuk melepaskan angin itu berada di atas fork. Hal ini untuk membuat kinerja fork menjadi optimal waktu melibas medan offroad.

6. Cek ke mur dan baut. Cek mur dan baut yang ada di rangka, body dan mesin, jangan sampai kendor. Jika ada yang kendor, segera dikencangkan, jangan sampai waktu offroad ada bagian motor anda yang tercecer di hutan gara-gara kendor bautnya.

7. Cek level oli mesin. Pastikan mesin anda terisi dengan oli dengan volume yang direkomendasikan oleh pabrikan. Level oli bisa dilihat di kaca yang biasanya ada di samping kanan mesin. Kalau level berada di bawah garis standar, segera tambah oli dengan spesifikasi yang sama.

8. Cek pengereman dan kopling. Cek rem tangan dan kaki apakah sudah bekerja dengan normal dan posisinya sudah pas dengan anda. Jika posisi handle rem kurang pas, segera sesuaikan dengan tangan anda, karena jika tidak pas bisa membuat tidak nyaman waktu offroad. Untuk motor yang pakai kopling manual, cek kekerasan kopling. Tarik 5 sampai 7 kali tuas kopling. Pastikan jari anda nyaman untuk menarik tuas kopling tersebut.

9. Bersihkan busa filter udara. Busa filter udara sangatlah penting untuk motor yang dipakai untuk offroad, karena ini akan menyaring uadra yang masuk ke kaburator/injector. Pastikan busa fileter udara selalu dalam kondisi bersih dan sudah dilapisi oli khusus untuk busa filter.

10. Hidupkan motor. Langkah terakhir adalah coba hidupkan motor anda. Jika motor bisa hidup dengan mudah, biarkan lansam selama 5 menit. Jika tidak ada masalah tidak ada gejala mesin mbrebet, berarti motor yang siap untuk offroad!

Jika 10 langkah pengecekan itu sudah anda lakukan, kini silahkan anda menikmati akhir pekan anda di medan offroad dengan motor kesayangan! Selamat bersenang-senang!

KTM Model 2013 Siap Meluncur



Pabrikan motor trail ternama kelas dunia, KTM, sudah meluncurkan motor versi 2013. Pertengahan tahun ini produk ini sudah akan beredar di pasaran, termasuk siap masuk ke Indonesia. Secara tampilan, KTM versi 2013 terlihat lebih garang dan minimalis. Kesan handling yang ringan terasa sangat kuat dengan model anyar ini.

Menurut pabrikan KTM yang asal Austria, versi 2013 ada banyak revisi di versi motocross dan enduro. Untuk versi 450 SXF akan mengusung mesin SOHC dan sudah injeksi. Sementara tipe 350 SXF akan ditingkatkan performa di rangka dan daya tahan mesin. Kedua motor tipe cross ini di tahun 2011-2012 terbukti mampu berbicara di kejuaran internasional motocross dan supercross. Ryan Dungey, Ken Roczen dan Toni Cairoli telah membuktikannya dengan menjadi juara dunia bersama KTM.

Untuk motor versi enduro akan ditingkatkan kualitasnya di sektor daya tahan mesin, handling dan akselerasinya. KTM juga masih memproduksi motor 2 tak di tahun 2013 yaitu tipe 125 EXC, 250 EXC dan 300 EXC. Versi enduro KTM Six Days juga akan diluncurkan dengan fork WP tipe close cartridge yang dianggap lebih baik untuk kompetisi enduro. Versi 2013 ini diyakini akan mempertahankan posisi pabrikan KTM di posisi puncak motor enduro dunia.



Hal yang paling mengejutkan adalah kabarnya KTM 200 (2 tak) versi 2013 itu sudah dilengkapi dengan electric starter! KTM 200 motor yang banyak jadi favorit karena ringan, tangguh dan bertenaga ini sebetulnya tanpa electric starter tidak menjadi masalah, karena menghidupkan motornay sangat mudah. Namun jika ditambah electric starter tanpa menyebabkan kenaikan harga yang terlalu tinggi, ini akan membuat tersenyum penggemar motor 2 tak!

Kapan KTM versi 2013 masuk Indonesia? Sabar dulu dan tunggu review berikutnya! Terus pantau blog ini!

Tips Membersihkan Busa Filter Udara Trail


Busa filter udara adalah komponen yang sangat vital di motor trail, baik itu tipe enduro ataupun tipe cross yang di Indonesia sering disebut motor SE (special engine). Filter udara ini berfungsi mencegah debu atau kotoran masuk ke dalam carburator atau sistem injeksi. Apalagi jika motor dipakai offroad di jalur berdebu. Akan sangat bahaya sekali jika debu atau tanah sampai masuk ke dalam karburator, karena motor akan ‘mbrebet’ atau bahkan mati. Ujung-ujungnya bisa merembet ke kerusakan mesin!


Motor trail yang dipakai offroad wajib memasang filter udara, jangan sampai dilepas. Filter udara yang kebanyakan berbahan busa itu juga wajib dibersihkan secara rutin, sehingga pasokan udara bisa lancar. Setiap selesai offroad, busa filter udara ini harus dibersihkan, jangan dibiarkan kotor. Nah, bagaimana cara membersihkan busa filter udara yang benar dan bikin awet busanya? Baca terus artikel ini bro!

Pertama yang perlu dipersiapkan adalah bahannya yaitu solar, air bersih dan shampoo mobil. Jangan membersihkan busa filter udara dengan bensin, karena ini akan membuat busa filter udara cepat aus. Juga jangan pakai detergen, karena tingkatan keasaman atau kebasaannya itu terlalu tinggi yang menyebabkan cepat rusaknya busa. Shampoo mobil bagus karena PH-nya (tingkat keasaman) itu pada tingkat yang tidak merusak.

Tahapan membersihkan busa filter udara sebagai berikut:

1. Lepas busa filter udara dari motor anda

2. Cuci busa dengan solar, kemudian peras namun jangan dipelintir

3. Setelah itu segera dimasukan dalam kaleng yang berisi air yang telah dicampur   dengan shampoo mobil. Peras busa, tetapi jangan dipelintir. Dijamin busa akan bersih kembali.

4. Celupkan ke dalam air bersih

5. Bilas di air bersih yang mengalir

6. Peras airnya, tetapi sekali lagi jangan dipelintir karena bisa mempercepat rusaknya busa

7. Jemur busa, namun jangan terkena sinar matahari secara langsung

8. Jika sudah kering, sebelum dipasang kembali ke tempatnya, lapisi dulu busa bagian luarnya dengan oli khusus untuk busa filter.

Selamat mencoba dan setelah itu motor anda siap digeber lagi di medan offroad!

Tips "Memanasi" Motor SE atau Enduro yang Masih Baru



Motor trail sekelas SE (special engine – sebutan di Indonesia yang kerap dipakai untuk menyebut motor tipe cross) atau enduro yang dirancang untuk “bekerja keras” ternyata tetap perlu masa ‘break-in’ atau pemanasan ketika motor masih baru. Motor yang baru keluar dari deler, tidak bisa langsung digeber begitu saja di jalur offroad. Perlu masa-masa “pemanasan” yang disebut masa ‘break-in’, ini agar usia mesin motor bisa lebih awet. Maklum kalau mesin motor enduro atau SE jebol, hemmm sudah kebayangkan berapa duit yang akan dikeluarkan untuk memperbaikinya.

Berikut tips memanasi motor SE /enduro di masa-masa ‘Break-in’:

• Ketika motor SE/enduro yang masih gress itu sampai di garasi anda, cek dulu ketersediaan oli mesin, air radiator dan bensin.

• Setelah itu hidupkan motor sampai mesinnya hangat, tidak usah digeber-geber gasnya.

• Kendarai motor selama 20 menit dengan bukaan gas kira-kira ½ dari bukaan gas penuh. Jadi kendarai dengan santai dulu, tidak perlu nafsu untuk membetot gasnya terlalu kencang.

• Setelah 20 menit mengendarai, berhenti dulu, biarkan mesin dingin. Kemudian cek baut-baut dan ketinggian oli mesin.

• Hidupkan lagi motor dan kendarai selama 40 menit dengan bukaan gas ¾ dari bukaan penuh.

• Berhenti dan biarkan mesin sampai dingin dengan sempurna. Cek barangkali ada mur baut yang kendor, ketegangan rantai dan jeruji.

• Ganti oli, dan khusus motor 4 tak perlu juga diganti filter oli-nya.

• Setelah masa ‘break-in’ ini, motor sudah siap anda betot gasnya sekencang mungkin, namun tetap perlu diingat batas kemampuan anda dalam mengendarainya.

Semoga bermanfaat, selamat mengendarai motor anda!

Motor SE Terbaik dalam 32 Tahun Terakhir



Dunia motocross tanah air memang tidak seriuh dunia motor trail offroad/enduro yang sedang booming. Namun paling tidak dalam 3 tahun terakhir kompetisi motocross di Indonesia mulai ramai lagi, apalagi sejumlah pembalap asing turut juga garuk tanah (meskipun sebagian besar pembalap asing itu mengasapi pembalap tanah air). Penggiat off road di Indonesia juga tidak sedikit yang memakai motor tipe cross untuk off road. Sejumlah motor tipe cross yang di Indonesia sering disebut motor special engine alias SE yang sering seliweran di jalur off road antara lain Kawasaki KXF 250, KTM 125 SX, Yamaha YZF 250, Kawasaki KX 85, KTM 85 dan Hoda CRF 250R.

Memakai motor SE untuk offroad memang butuh skill yang diatas rata-rata karena memang motornya dirancang untuk balap, jadi pasti kencang pol! Di kejuaraan enduro dunia, ada banyak pembalap yang memakai motor SE seperti KXF 250 dan KXF 450. Di kejuaraan enduro bergengsi Grand National Cross Country (GNCC) USA juga berkali-kali Suzuki RMZ 450 menduduki puncak tertinggi. Jadi motor SE sudah jamak dipakai untuk offroad atau enduro di berbagai belahan dunia.

Tahukah anda motor SE terbaik yang pernah diproduksi? Baru-baru ini majalah Motocross Action (http://motocrossactionmag.com) mempublikasikan motor SE terbaik yang pernah diproduksi dalam 32 tahun terakhir. Ingin tahu motor SE apa saja yang masuk kategori terbaik itu? Simak daftar SE terbaik versi Majalah Motocross Action di bawah ini.

125/150 Dua Tak
• 1980 Yamaha YZ125
• 1981 Suzuki RM125
• 1982 Suzuki RM125
• 1983 Honda CR125
• 1984 Kawasaki KX125
• 1985 Kawasaki KX125
• 1986 Honda CR125
• 1987 Honda CR125
• 1988 Kawasaki KX125
• 1989 Honda CR125
• 1990 Kawasaki KX125
• 1991 Kawasaki KX125
• 1992 Suzuki RM125
• 1993 Kawasaki KX125
• 1994 Suzuki RM125
• 1995 Suzuki RM125
• 1996 Yamaha YZ125
• 1997 Yamaha YZ125
• 1998 Yamaha YZ125
• 1999 Yamaha YZ125
• 2000 Yamaha YZ125
• 2001 Yamaha YZ125
• 2002 Yamaha YZ125
• 2003 Yamaha YZ125
• 2004 KTM 125SX
• 2005 Yamaha YZ125
• 2006 Yamaha YZ125
• 2007 Yamaha YZ125
• 2008 Yamaha YZ125
• 2009 Yamaha YZ125
• 2010 Yamaha YZ125
• 2011 KTM 150SX
• 2012 KTM 150SX

250 Dua Tak
• 1980 Yamaha YZ250
• 1981 Suzuki RM250
• 1982 Suzuki RM250
• 1983 Honda CR250
• 1984 Honda CR250
• 1985 Honda CR250
• 1986 Honda CR250
• 1987 Honda CR250
• 1988 Yamaha YZ250
• 1989 Honda CR250
• 1990 Kawasaki KX250
• 1991 Yamaha YZ250
• 1992 Yamaha YZ250
• 1993 Honda CR250
• 1994 Kawasaki KX250
• 1995 Yamaha YZ250
• 1996 Suzuki RM250
• 1997 Kawasaki KX250
• 1998 Kawasaki KX250
• 1999 Kawasaki KX250
• 2000 Yamaha YZ250
• 2001 Yamaha YZ250
• 2002 Yamaha YZ250
• 2003 Yamaha YZ250
• 2004 Suzuki RM250
• 2005 Suzuki RM250
• 2006 Suzuki RM250
• 2007 Yamaha YZ250
• 2008 Yamaha YZ250
• 2009 Yamaha YZ250
• 2010 Yamaha YZ250
• 2011 KTM 250SX
• 2012 KTM 250SX

250 Empat Tak
• 2001 Yamaha YZ250F
• 2002 Yamaha YZ250F
• 2003 Yamaha YZ250F
• 2004 Yamaha YZ250F
• 2005 Yamaha YZ250F
• 2006 Kawasaki KX250F
• 2007 Kawasaki KX250F
• 2008 Kawasaki KX250F
• 2009 Honda CRF250
• 2010 Kawasaki KX250F
• 2011 Suzuki RM-Z250
• 2012 Kawasaki KX250F

450 Empat Tak
• 1998 Yamaha YZ400F
• 1999 Yamaha YZ400F
• 2000 Yamaha YZ400F
• 2001 Yamaha YZ426F
• 2002 Yamaha YZ426F
• 2003 Yamaha YZ450F
• 2004 Honda CRF450
• 2005 Honda CRF450
• 2006 Yamaha YZ450F
• 2007 Honda CRF450
• 2007 Honda CRF450
• 2008 Honda CRF450
• 2009 Kawasaki KX450F
• 2010 KTM 450SXF
• 2011 KTM 450SXF
• 2012 Kawasaki KX450F

Daftar Toko Aksesoris Motor Trail yang Terpercaya



Dunia motor trail di Indonesia tumbuh dengan pesat, bagaikan jamur di musim hujan. Pesatnya hobby motor trail ini juga diikuti dengan semakin banyaknya bermunculan toko yang menjual motor trail ataupun aksesorisnya. Membeli motor trail impian, kini tidaklah sulit, asal ada duit. Motor trail jenis apapun bisa masuk ke tanah air. Toko online yang menjual lewat jejaring sosial semacam Facebook juga tumbuh pesat.
Parahnya banyak juga ternyata toko (online) yang fiktif. Sudah banyak korban berjatuhan menjadi korban penipuan jual beli di dunia maya. Beberapa anggota tim CHEELA juga sempat jadi korban. Ada yang menjual motor trail dengan murah, namun ketika uang muka sudah ditransfer ternyata motor tidak kunjung datang. Ujung-ujungnya ternyata itu fiktif alias penipuan.

Kasus lain, ada yang pesan aksesoris motor trail di sebuah toko di Malang. Dijanjikan barang akan datang seminggu, dengan catatan uang dibayar di depan. Seminggu lewat, dua minggu berlalu dan menginjak bulan, namun barang tidak kunjung datang. Ketika uang diminta kembali, ternyata “ruwet” dan “mbulet”.

Ada juga teman yang pesan motor SE di sebuah toko. Uang muka diberikan sesuai dengan kesepakatan dan dijanjikan motor akan datang dalam waktu 2 minggu, karena katanya motor sudah dalam perjalanan ke Indonesia. Ternyata motor baru datang 2 bulan kemudian.

Tentunya anda tidak ingin kecewa dan tertipu ketika belanja motor trail atau aksesorisnya. Apalagi harganya rata-rata terbilang mahal. Untuk itu tim CHEELA berbagi pengalaman belanja ke toko-toko trail yang terpercaya. Daftar beberapa toko trail yang bisa dipercaya (berdasarkan pengalaman tim CHEELA yang sudah bertransaksi) antara lain:

Acay Motor
JL Aceh No 18 Bandung
Telp O22 4231216 / 022 76900099
Email: trfmx18@yahoo.co.id

AHRS
Jl. Tole Iskandar no. 162 Depok 16417.
Tel. 021 77820649, 7701195
Website: http://www.ahrsproducts.com/

Ardian Motocross Shop
Jl.Parangtritis km 4.5
Ph :0274 374439, Mobile :088802857009, 081392257575
Fax : 0274 379426, pin BB : 26093651
Yogyakarta, Indonesia
email; irwanardiansyah2003@yahoo.com
www.ardiansmx.com
Catatan tambahan: menyediakan spare parts SE

ART MOTOR-X
Jl. Raya Mondoroko Kav.31-C Km.2 Singosari Malang
Telp. 08123329577, 08124960333, 0341-452252
pin BB 27B055BC

Bangun Jaya Motor
Jl. Raya Dadap Tulis utara no 190c (bok anyar)
Malang, Indonesia 65323
HP. 81233936008, Email: bangunjayamotor@yahoo.com
Catatan tambahan: Menyediakan mini moto buatan China

Dirbike Shop Malang
Jl Raya Bukit Dieng 5 Kav 5 Malang
Telp 0341-7684466 Malang
HP. 0857.3150.6788, 081.333.828.319
Email: dirtbikeshoponline@gmail.com

Karya Indah Motor (KIM)
Bungur Besar 153 Jakarta 10460
Telp (021) 4241153, 4246573, Fax (021) 4216669
Email: ktmamaniac@gmail.com
Catatan tambahan: Menjual motor Husaberg dan spareparts untuk KTM dan Husaberg.

MSD
Ruko Surya Indah Blok A-5
Jl. By Pass I Gusti Ngurah Rai (Kelan) 12A/99
Tuban-Kuta, Bali 80362
Phone: 62-361-704-769
Fax: 62-361-704-768
MSD Surabaya: (031) 599-1487
MSD Jakarta: (021) 722-8972, 722-8973
Website: http://www.msd-indy.com
Catatan tambahan: Menyediakan spare part SE, khusus aksesoris original dan branded

Garasi Adventure Shop
JL.Gayungsari No 1 Surabaya
Telpon 811326674
Email: garasiadventureshop@ymail.com
Catatan tambahan: Juga menjual motor build up enduro seperti husaberg dan KTM

HOT PIPES
Jl Fatmawati No 15 A-B Jakarta 12420
Tel (021) 7656405, 7698916
Email: sales@hotpipes_shop.com
Website: http://hotpipeshop.com
Catatan tambahan: Distributor resmi KTM dan menjual spare part KTM

Rahmad Jaya Trail Shop
Jl. Garuda 44 Rt 08 Rw 02 Karangpandan Pakisaji Malang
Telpon 081334568074
Website: http://www.rjtrailshop.com/
Catatan tambahan: banyak menjual aksesoris lokal

Robert Cycle Supply
Jl.Maleer III No 3. Bandung
HP. 0815-6029448
Catatan tambahan: Juga menjual motor SE baru atau second

ROSSY MX SHOP
Perum Griya Satria Blok W No 3
Bantar Soka, Purwokerto 53133
Tel. 0281-7624580/628523
Email: rossymx@ymail.com
Website: http://www.rossymx.com/
Catatan tambahan: juga menjual motor enduro dan juga spare part KTM

RRF Motocross
JL.Mayjend Sungkono 68 Kutoanyar Tulungagung
HP 08123402796 Email: rrf_motocross@yahoo.com
FB: RRF perlengkapan motocross
Catatan tambahan: menjual motor enduro dan SE baru

Variasi MX
Komplek Taman Mutiara
Ruko Blok M No. 6 Cimahi, Bandung
Telpon 226631416, Email: variasimx2@yahoo.com
Website: http://www.variasimx.com/vmx/index.php

Minggu, 13 Januari 2013

Petunjuk Campuran Oli Motor Enduro 2 Tak















    Motor trail 2 tak tidak pernah mati, never die, karena motor ini masih banyak dipakai di berbagai kejuaraan enduro dunia. Pabrikan motor Eropa seperti KTM, Husaberg, Husqvarna dan TM masih memproduksi motor berbasis mesin 2 nada. Bahkan di berbagai kejuaraan enduro ekstrim, motor 2 tak masih merajai, mengasapi motor 4 tak. Ini fakta dan hasil balap yang tidak terbantahkan.
“Kelemahan” dari motor trail enduro 2 tak adalah bensin harus dicampur oli. Oli langsung dimasukan ke dalam tengki bensin, karena kebanyakan tidak ada tempat oli terpisah seperti motor trail lokal Suzuki TS 125. Sebetulnya mencampurkan oli langsung ke dalam tengki bensin ini lebih aman, karena memastikan bahwa bensin yang ada adalah sudah tercampur dengan oli. Kalau oli ditempatkan di tempat yang terpisah, rawan lupa untuk mengisi oli dan kalau sampai ini terjadi, anda akan menangis seperti anak kecil minta permen karena mesin bisa-bisa jebol!
Oli 2 tak apa yang cocok dan berapa perbandingannya dengan bensin? Untuk oli samping (oli 2 tak) wajib memilih yang ada kodenya JASO FC. Coba lihat di kemasan botol oli-nya pasti ada kode JASO-nya, misalnya JASO FB atau JASO FC. JASO (Japanese Automotive Standards Organization) adalah organisasi yang mengatur standarisasi otomotif buatan Jepang. Kalau JASO FB itu spek-nya masih rendah, biasanya berbahan dasar mineral, dan asapnya masih lumayan tebal. Tapi kalau ada kode JASO FC, ini biasanya sudah berbahan dasar semi sintetis atau sintetis, sehingga asapnya lebih tipis.
Pemakaian oli 2T yang ada kode JASO FC juga akan membuat motor lebih awet, karena pembakaran efesien. Jangan kuatir, di pasaran masih banyak yang jual oli 2T yang memenuhi standar JASO FC seperti merk Shell, Motul, Maxima dan juga versi pabrikan Kawasaki yang dipakai untuk ninja 150. Jadi kalau mau motor 2 tak-nya awet dan lebih ramah lingkungan, pastikan pakai oli 2T yang memenuhi standar JASO FC.
Setelah ketemu tipe olinya, yang juga kadang membingungkan bagi kebanyakan dirt bikers adalah berapa perbandingan campuran oli dan bensin yang benar? Coba lihat buku manualnya, pasti pabrikan telah merekomendasikan berapa campuran oli-nya, misalnya KTM 200/250/300 yang tahun 2008 keatas itu merekomendasikan perbandingan oli dan bensinnya adalah 1:60. Apa maksudnya?
Perbandingan oli 2T dan bensin di KTM 1:60 itu artinya adalah 1 liter oli untuk 60 liter bensin. Jadi kalau 1 liter bensin itu campuiran olinya adalah 16,6cc atau jika untuk 10 liter bensin itu maka campuran olinya adalah 166cc. Amannya sih dibulatkan saja menjadi 170 cc untuk 10 liter bensin.
Beberapa orang itu memakai campuran oli lebih banyak, agar mesin lebih dingin, misalnya 175cc untuk 10 liter bensin (sama dengan 17cc untuk 1 liter bensin). Beberapa bahkan pakai campuran 20cc untuk 1 liter bensin. Untuk kami sendiri selama bertahun-tahun memakai campuran oli 17cc untuk 1 liter bensin di KTM 200 tahun 2008-2010, dan selama ini tidak ada masalah. Mesin motor awet, tidak terlalu berasap dan larinya masih super kencang!
Kalau campuran oli 2T terlalu banyak, selain asap knalpot akan lebih tebal, juga akan membuat ruang bakar lebih cepat kotor, bahkan sampai timbul kerak. Kebanyakan oli juga bisa membuat justru tenaga motor jadi drop. Jadi paling enak adalah pakai campuran oli yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan karena takarannya sudah pas, tidak kekurangan dan tidak berlebih. (C001).

Etika Dalam Melakukan Trail Adventure








 




























Belasan orang dengan tunggangan motor trail lagi asyik duduk-duduk di bawah rindangnya pohon di kaki Gunung Arjuna, Malang, Jawa Timur. Mereka sedang istirahat setelah ber off road-ria di sekitar Gunung Arjuna yang dikelilingi oleh lahan pertanian milik masyarakat sekitar. Lagi enak-enaknya ngobrol ngalor ngidul, tiba-tiba datang 2 orang petani dengan membawa sabit yang berkilau tajam. Dengan wajah tidak bersahabat, petani tersebut ngomong, “apa kalian yang minggu kemarin main trail disini? Banyak tanaman kami yang rusak karena dilindas motor, ayo siapa yang bertanggung jawab?”
Sepenggal kisah di atas adalah kisah nyata yang dialami seorang teman yang ikut rombongan trail tersebut. Kisah tersebut mungkin tidak banyak (atau belum banyak) terjadi, namun bisa saja kedepannya akan menjadi masalah besar kalau kegiatan trail adventure atau offroad roda dua tidak diikuti dengan etika dalam berkegiatan. Bisa-bisa masyarakat atau petani di sekitar jalur offroad akan menolak kehadiran motor trail. Wah kalau sudah begini, maka yang rugi brother juga khan, karena tidak bisa leluasa lagi menikmati hobby trail.
Terus gimana dong, apa yang mesti kita lakukan agar kita tetap bisa ber-trail-ria tanpa menimbulkan gesekan? Yang diperlukan adalah etika. Ketika bicara tentang etika dalam off road, maka setidaknya kita akan bicara dua hal yaitu etika sosial dan etika lingkungan.
Etika terhadap lingkungan menjadi sangat penting diperhatikan, karena kegiatan offroad itu kita memanfaatkan alam sebagai media. Artinya setiap kegiatan di alam, apapun bentuknya, akan punya potensi untuk merusak alam atau hutan. Bicara tentang hutan harus melihatnya dari pandangan yang lebih luas yaitu hutan sebagai ekosistem. Hutan bukan hanya berisi kayu semata, namun juga ada kehidupan lainnya seperti satwa liar yang juga patut diperhatikan kelestariannya.
Lho kegiatan offroad khan tidak sampai merusak atau menebang kayu di hutan? Itu kalau kita bicara hutan hanya sebatas kayu. Tapi pemikiran kita harus dibuka lebih luas lagi bahwa hutan itu adalah sebagai sebuah ekosistem yang berisikan tumbuhan, satwa, tanah dan juga masyarakat lokal yang memanfaatkan hutan untuk kehidupan mereka.
Seorang teman bicara, “bos kalau kita sih sudah peduli soal alam dalam kegiatan trail, buktinya beberapa waktu yang lalu kami terlibat dalam penghijauan”. Wah bagus sekali kegiatan penghijauan itu, namun maaf bro kalau kita bicara soal hutan bukan sekedar soal penghijauan saja, karena penghijauan yang mungkin hanya sekali itu menjadi tidak banyak berarti kalau etika kita terhadap alam belum terbangun. Apalagi kalau penghijauan itu hanya sekedar menanam saja, tanpa diikuti program perawatan, ya jadi percuma, karena pohon yang ditanam akan mati.
Etika sosial dan lingkungan yang justru perlu kita bagun, karena kalau sudah punya etika, maka semuanya akan menjadi lebih baik. Beberapa etika sosial dan lingkungan dalam offroad motor trail antara lain:
  • Ketika melalui jalan umum termasuk jalan di perkampungan, kendarailah motor dengan santun, tidak perlu kebut-kebutan atau ‘mbleyer-mbleyer’ knalpot. Jika ada anak kecil atau hewan ternak melintas, kasih kesempatan anak kecil atau binatang itu lewat terlebih dahulu, jangan main seruduk aja.
  • Ketika konvoi lewat jalan raya, jangan sampai mengganggu pengguna jalan lainnya. Ingat jalan umum adalah milik semua orang, hargai juga orang lain yang mau lewat.
  • Jika offroad di sekitar ladang atau lahan pertanian, jangan sekali-kali melindas tanaman petani. Jika itu terjadi karena ‘kecelakaan’, segera minta maaf ke petani dan kalau perlu mengganti biaya kerusakan tersebut.
  • Ketika sedang haus-hausnya karena dihajar medan offroad, tiba-tiba melintas di kebun apel yang ranum buahnya, hemmm jadi ngiler dan langsung main petik apel saja. Upssss jangan lakukan itu, kalau memang haus coba minta dengan baik-baik ke petani tersebut, jangan main comot aja bro..
  • Minimalkan membuka jalur offroad baru yang itu membuka hutan, lebih baik gunakan jalur yang sudah ada saja.
  • Ketika di jalur offroad berpapasan dengan petani atau penduduk desa, beri kesempatan mereka terlebih dahulu untuk lewat.
  • Jangan pernah membuang sampah plastik, botol minuman atau putung rokok ketika offroad. Sampah-sampah itu sangat sulit hancur secara alami, jadi bisa-bisa di hutan jadi penuh sampah nantinya. Putung rokok juga bisa menimbulkan kebakaran hutan, apalagi di musim kemarau panjang. Bawalah selalu kantong sampah dan tempat untuk putung rokok anda.
  • Jika ada binatang liar melintas di jalur offroad, kasih kesempatan binatang itu lewat dulu. Jangan main tabrak aja, apalagi kalau binatang itu binatang langka yang dilindungi, bisa-bisa kita kena pidana karena membunuh binatang dilindungi itu ancaman penjaranya 5 tahun….hiii ngeri khan. Dan lagian binatang itu adalah penghuni asli hutan, mereka yang lebih dulu ada dibanding kita. Nah sebagai “tamu” kita patut punya etika di “rumah” para binatang liar tersebut.
  • Ada pandangan yang keliru tentang knalpot. Katanya knalpot yang suaranya menggelegar itu identik dengan laju motor yang kencang? Ah itu kuno bro, justru sekarang dunia dirt bike internasional lagi ramai-ramai mengurangi kebisingan suara knalpot. Di USA dan Eropa kalau kita mau offroad atau bahkan pertandingan motocross itu sudah diatur soal kebisingan knalpot, beberapa negara membatasi maksimum 96 Db. Kalau lebih dari itu, yah tidak diperbolehkan. Semua pabrikan knalpot trail ternama seperti FMF dan Pro circuit sekarang itu justru memproduksi knalpot yang tingkat kebisingan rendah, namun dengan tenaga dahsyat! Jadi kalau masih ada yang berfikir motor trail itu harus suara knalpotnya menggelegar bagai halilintar, pikiran itu perlu ditendang jauh-jauh, maaf itu pandangan jadul bro
  • Minimalkanlah offroad di hutan pada malam hari, karena offfroad di malam hari itu suara motor akan lebih terdengar nyaring. Ini berpotensi lebih menggangu bagi penduduk desa yang berada di dekat jalur offroad, dan pasti mengusik ketenangan binatang hutan yang lagi nyenyak tidur. Bisa-bisa ada monyet yang jatuh dari pohon, karena kaget dengan deru motor! Apalagi para petani itu di malam hari khan sudah capek-capeknya, sehinga perlu istirahat setelah seharian bekerja keras di ladang. Jangan sampai mereka terganggu dengan kehadiran kita di malam hari, apalagi dengan suara motor yang meraung-raung.
Itu beberapa tips sederhana yang bisa kami bagi untuk meminimalkan kerusakan terhadap alam dan gesekan dengan masyarakat sekitar jalur offroad. Tidaklah sulit untuk melakukan itu, yang dibutuhkan hanyalah kemauan, hati terbuka dan etika. Saatnya kita ber-etika-ria dalam kegiatan offroad motor trail. Selamat offroad! (C001 & C002)